Thursday 6 July 2017

Online Bookstore for the Rescue


Saya orangnya tidak mudah tergoda belanja-belanja pakaian. Begitu pula sepatu (sampai-sampai sepatu lari yang sudah berbulan-bulan rusak dan jebol tidak kunjung dibelikan penggantinya). Saya gampang terhasut kalau diajak ke toko buku, atau melihat-lihat seprai. Agak nggak nyambung, memang.

Beberapa waktu lalu saya iseng mampir ke Gramedia (karena kebetulan sedang ada perlu di gedung yang sama) dan terkaget-kaget karena harga komik Jepang edisi Indonesia sekarang sudah Rp25,000 per buah. Wah ngajak berantem, nih. Saya belum sembuh dari syok sejak harganya berubah dari Rp20,000 ke Rp22,500 lho. Apalagi jika mengingat bahwa semenjak komik di Indonesia harganya masih Rp5,500 tuh di Jepang sudah sekitar Rp40,000-an. Sekarang? Masih di range Rp40,000 sampai Rp50,000... semacam kayak nggak kenal inflasi.

Bete, kan. 

Harga komik-komik kesayangan saya yang makin merangkak, ditambah dengan ketidakpastian tersedianya stok sebuah judul di toko buku satu dengan lainnya membuat saya (yang sudah malesan ini) jadi semakin enggan jalan-jalan keluar hanya untuk mencari buku yang ingin dibeli. Ya sudah. Alhasil saya mulai beralih ke Gramedia versi online, yakni gramedia.com, yang Welcome page-nya bisa dilihat dari gambar di atas, atau di bawah ini.

Jika butuh asupan agama bisa beli kitab suci juga

"Eh, ini postingan berbayar ya?" bisik-bisik pengunjung blog dengan curiga.
Nggak lah. Mana ada yang berkenan membayar saya selain kantor yang merupakan sumber tumpuan hidup satu-satunya. Hiks. Kenyataan pahit. Mungkin kapan-kapan harus mencoba ngepet. Ngomong-ngomong, saya terus terang belum pernah menggunakan jasa toko buku online selain Gramedia, jadi sebetulnya saya tidak membisa membuat perbandingan dengan situs toko buku serupa. Tetapi sejauh pengalaman pribadi, yang paling menjadi nilai plus dari situs ini (selain diskon musiman dan kecil-kecilan) adalah buku yang kita pesan bisa diambilkan dari gudang berbagai Gramedia berbeda!

Seriusan.

Tempo hari saat saya beli online satu judul serial yang total terdiri delapan jilid, buku-buku saya berdatangan dari beberapa gudang cabang-cabang toko buku Gramedia. Jadi kalau ternyata jilid pertama tidak ada di cabang A, misalnya, maka akan dikirimkan dari cabang B. Pokoknya pesanan kita terpenuhi lengkap. Pelanggan terima beres.

Kebaca kan tulisannya?

Kedelapan buku yang saya pesan diambilkan dari Gramedia Kelapa Gading, Gramedia Distribution Center Cakung, Gramedia Emporium Mall Pluit, dan Gramedia Grand Indonesia. Coba bayangkan jika saya memutuskan berburu secara... manual? Gempor, mak. Keburu dekil gara-gara keliling Jakarta. Belum lagi ongkos transportasi berpindah-pindah lokasi. Tambah ongkos beli es teh karena kehausan di jalan, blah blah blah. Kalau begini kan cukup membayar ongkos kirim dan handling, barang sudah dicarikan lalu dikirimkan.

Ada yang punya rekomendasi toko buku online lain?
Silakan tulis dan berbagi di kolom komentar yah.

z. d. imama

7 comments:

  1. Saya kalo toko buku online biasa beli di bukabuku.com . So far ga pernah ada masalah kok. Eh soal komik itu, kalo di Jogja sih ada togamas, yg baik hati ngasi diskon sampe 20% lebih di hari2 tertentu, eh tiap hari jg diskon sih utk smua buku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah nyoba di bukabukuuu..
      Baca-baca beberapa review kok lumayan banyak yang bilang lama, kadang orderan kurang, jadi sedikit deg-degan :"))))

      Delete
  2. Coba di sephora.co.id mba...

    *dilempar tagihan kartu kredit*

    ReplyDelete
  3. Kalau aku biasanya belanja di bukabuku. Belum pernah kecewa belanja di sana. :D

    ReplyDelete
  4. kalo gue beli di banyak toko buku online, karena nyari yang disko dan suvenirnya banyak - biasa beli preorder buku baru pengarang favorit. :D

    ReplyDelete
  5. Aku biasa beli di bukukita.com atau kalau ada yang jual di IG. #eh

    Sekarang jarang beli buku sih, soalnya udah jarang baca :))))

    ReplyDelete