Monday 30 October 2017

#JadiBisa ke Singapura Tanpa Merana Berkat Traveloka!


Meski tergolong bisa tidur di mana saja (beberapa minggu yang lalu saya bahkan tertidur di lift gedung―sambil berdiri―dan ikut bolak-balik naik-turun puluhan lantai hingga ada rekan sekantor yang ikut masuk lift dan menepuk bahu), kasur merupakan tempat favorit saya untuk beristirahat. Tidak terkecualikan ketika sedang jalan-jalan ke luar kota. Atau ke luar negeri. Nggak sanggup lah kalau nggak ketemu kasur. Sehingga boleh dikatakan bahwa kepastian akomodasi merupakan hal wajib apabila bepergian jauh. Tiket pesawat saja mana cukup..

Masalahnya, bagi gadis kere hore seperti saya, menemukan tiket pesawat dan hotel maupun penginapan dengan harga terjangkau tentunya jadi sebuah tantangan tersendiri. Beli terpisah? Mahal. Belum lagi makan waktu karena harus membandingkan satu per satu harga tiket pesawat antarmaskapai, lalu mengecek dan membandingkan tarif penginapan. Membeli paket khusus yang menawarkan tiket pesawat dan hotel sekaligus akan jauh lebih praktis. Tetapi perkara tidak selesai di sini, saudara-saudara. Banyak tawaran-tawaran paket hotel dan pesawat yang tampak manis di depan, namun ketika ditelusuri lebih lanjut ternyata ada segambreng biaya tambahan, atau persyaratan-persyaratan merepotkan yang relatif sulit dipenuhi. Kalau bukan begitu ya saklek, alias tidak fleksibel. Pelanggan mau tidak mau harus nurut dengan apa yang tersedia dalam paket. Tidak bisa diutak-utik menyesuaikan kebutuhan pribadi. Sungguh pemberi harapan palsu. Padahal saat ini saya sedang punya PR besar: berburu tiket pesawat sekaligus penginapan demi kelancaran proyek akbar menyaksikan konser ONE OK ROCK di Singapura, bulan Januari 2018 kelak (sebagaimana yang telah saya ceritakan di sebelah sini).

Ingin bahagia namun harus tetap bisa ngirit. Hmm... rasanya kok agak kebanyakan mau, ya. Apakah itu hal yang mustahil? Ternyata, tidak juga! Penyelamat saya hadir berupa Traveloka, yang menawarkan paket pesawat dan hotel dengan biaya lebih hemat. Mata saya langsung berbinar-binar, lah. Siapa yang nggak mau cita-cita tercapai tanpa harus nelangsa? Tanpa harus makan nasi garam sebagai kompensasi mahalnya tiket pesawat dan akomodasi?

Apalagi caranya gampang. Banget, malah. Cukup masuk ke situs Traveloka (atau unduh aplikasinya), lalu pilih "Flight + Hotel" yang terpampang di halaman utama. Berhubung ponsel saya relatif produk lawas dan tidak punya memori memadai untuk beraneka rupa aplikasi-aplikasi penyelamat hidup.. saya paparkan pengalaman dengan versi situsnya saja yah.

Ada tuh di barisan keempat yang saya kasih kotak biru.

Begitu dipencet, akan muncul tampilan sebagaimana di atas.

Selesai menekan "Flight + Hotel", isikan kapan kita akan berangkat (dan pulang) di kolom pencarian tiket penerbangan (itu lho, "Flight Details"). Tahap berikutnya, masukkan nama kota yang hendak kita singgahi pada "Hotel Details". Beres? Pencet "Search Packages" dan tunggu loading sampai selesai sementara Traveloka akan mencarikan alternatif-alternatif paket. Keterbatasan duit membuat saya tidak berminat terhadap paket-paket kelas tinggi, maka di sinilah fitur "Filter", khususnya "Price range per person" yang dimiliki Traveloka jadi penolong agar tetap tahu diri, fokus, dan tidak khilaf.

Pokoknya sudah harus dapat akomodasi dan tiket pesawat dengan bermodal dua juta rupiah!

Wah, banyak tersedia paket yang cocok dengan ketersediaan dana saya! Masih ditambah diskon khusus Traveloka pula. Sungguh senang se―lho, tunggu dulu... kenapa jam penerbangannya pukul delapan malam? Nggak keburu nonton konser ONE OK ROCK yang diidam-idamkan sekian lama, dong? Batal ngapelin mas Taka dan mas Toru, dong? Waduh?! Bisa nggak ya jam penerbangannya disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan?

TERNYATA BISAAA!
*koprol gembira di kamar kos*

Pada bagian bawah masing-masing paket ada tombol "Change Flight" dan "Change Room", yang fungsinya untuk mengubah jadwal penerbangan atau jenis kamar yang ingin kita pesan. Tanpa ba-bi-bu, saya segera memencet tombol tersebut, yang segera mengantar saya ke halaman lain dengan setumpuk pilihan penerbangan dari berbagai maskapai, lengkap dengan detil berapa rupiah biaya tambahan yang harus dibayarkan jika mengganti jadwal keberangkatan.

Biarpun paket, bisa tetap memilih kapan mau pulang dan pergi sesuai keinginan.

Klik "See more flight options" jika masih belum ketemu jadwal yang pas.

Contoh pilihan-pilihan penerbangan lain yang tersedia.

Setelah klak-klik-klak-klik beberapa kali dan semua dirasa sudah cocok, rupanya total tagihan saya masih bisa di bawah estimasi! Nggak sampai dua juta. Bahkan sisa beberapa ratus ribu rupiah. Luar biasa. Juara. Lumayan banget kan untuk menyambung hidup atau amblas di kekhilafan lain seperti beli merchandise konser. Prosesnya cepat, pula. Setengah jam sudah beres―termasuk mengutak-atik jam penerbangan karena waktu yang dipilihkan paket di awal belum cocok. Pembayaran Traveloka juga nggak ribet sama sekali. Selain metode standar seperti bank transfer dan kartu kredit, Traveloka melayani pelunasan pembayaran melalui minimarket terdekat seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Sehingga saat kita ditanya mas-mas atau mbak-mbak kasir minimarket, "Ada lagi yang bisa dibantu, Kak?" bisa jawab, "Mau bayar Traveloka". Ciye.

Ada satu hal baru yang saya rasakan setelah menyelesaikan transaksi di atas. Tiba-tiba saya jadi sayang sama Traveloka. Sumpah. Andaikata Traveloka punya perwujudan manusia pasti sudah saya dekap erat-erat sembari berseru tanpa kenal malu, "Oh malaikat penyelamatku, aku telah jatuh cinta padamu!" Gimana nggak? Berkat Traveloka dan paket tiket pesawat plus akomodasinya yang sangat hemat, saya #JadiBisa mewujudkan impian bertemu ONE OK ROCK di Singapura tanpa menderita. Bakal berjumpa salah satu musisi favorit dan setelah itu tidur nyenyak di atas kasur penginapan dengan nyaman, nikmat mana yang bisa saya dustakan?

Terima kasih, Traveloka!

z. d. imama

7 comments:

  1. Ciyee postingannya kali ini nganu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingin mengukur diri lewat ikut kompetisi, Om. Tapi beneran kaget juga sih karena paketan-paketannya murah banget :)))

      Delete
  2. Aku sering pake traveloka, ternyata kalau pesen-pesen buat orang lain...
    Good luck ya Ziiii~

    ReplyDelete
  3. praktis banget emang pake traveloka ini.

    ReplyDelete
  4. Asik banget yah pake traveloka ini.. Bisa pesan pesawat sekaligus hotel.. :)

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  5. Traveloka bikin gak merana ya mba.. Bisa dapet best price
    Dengan cara praktis..

    ReplyDelete
  6. Hai mba.. Aku juga mau nonton OOR di SG nih Januari nanti! Mungkin kita bisa barengan? Hehe.. Email me ya: khusnulkhotimah81@yahoo.com

    ReplyDelete